Rabu, 20 Desember 2017

Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian



A. MAKNA BUSANA MUSLIM DAN MENUTUP AURAT

      Secara umum, busana muslimah ialah busana yang dikenakan umat Islam baik lelaki maupun perempuan dalam setiap aktivitasnya.

      wanita pada zaman Jazirah Arab Kuno sangat di Rendahkan. Oleh para lelaki, wanita hanya dijadikan barang mainan saja. Namun, setelah Nabi Muhammad SAW.. lahir dan diberi wahyu oleh Allah SWT.. untuk mengajarkan ajaran tauhid kepada Bangsa Arab pada saat itu wanita diankat derajatnya. 
     
     Adab berpakaian yang diajarkan dalam Islam bagi wanita lebih ketat daripada pria., sebab aurat pri lebih sempit dibandingkan aurat wanita.


1. Makna Aurat

       Kata aurat berasal dari Bahasa Awrat  yang berarti bagian tubuh manusia yang harus ditutupi. dari penglihatan  dan pandangan orang lain.

Jadi, aurat itu harus ditutupi agar tidak dipandangi oleh orang yang bukan muhrim. Bukan dibalut. sista-sista harus bisa bedain yah antara menutupi dan membalut (membungkus).

Berikut syarat dikatakannya menutupi aurat;
  1. pakaian yang longgar, pakaian yang longgar dimaksudkan agar bagian tubuh yang ditutupi dijelas lekukannya yang dapat mengundang birahi orang yang melihatnya.
  2. tidak menerawang, pakaian yang menerawang sama halnya dengan membungkus aurat. mengapa? karena aurat yang ditutupi semestinya tak nampak oleh orang. jadi, untuk memilih pakaian kita harus pandai-pandai memilih. selain tidak menerawang kainnya juga tidak gerah saat dipakai.
  3. menutupi seluruh tubuh, firman Allah SWT.. "HAi Nabi, katakan kepada istri-istrimudan anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita mukmin untuk mengulurkan jubah (jilbab)nya ke seluruh tubuhnya. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah MAha Pengampun lagi Maha Penyayang,"
  4. buakn merupakan perhiasan dari pakaian itu sendiri, "hendaklah kamu tetap di rumahmu. dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah terdahulu" (al-ahzaab 33:33)
  5. tidak menggunakan wewangian atau parfum, ini agar orang-orang yang menyium baunya tidak mengakibatkan dorongan-doorongan yang tidak sepantasnya.
  6. tidak menyerupai pakaian laki-laki, disebutkan dalam sahih bahwa seorang wanita yang menyerupai laki-laki dalam berpakaian atau dalam hal lain adalah terkutuk.
  7. bukan untuk ketenaran atau kesombingan, 
  8. tidak menyerupai pakaian wanita kafir.

2. makna jilbab dan busana muslimah

      pakaian yang memenuhi syarat untuk menutuoi aurat disebut busana muslim atau muslomah, yaitu busana yang sesuai dengan ajaran islam, sehingga mencerminkan bahwa emakainya merupakan seorang muslim atau muslimah yang taat atas ajaran agamanya dalam tata cara berbusana.

    bagi muslimah diwajibkan untuk menggunakan jilbab. jilbab berasal dari Bahasa Arab jalaba yang artinya menutupi  sesuau dengan sesuatu yang lain, sehingga tidak terlihat auratnmya.

berikut manfaat menggunakan jilab
  1. menaati perintah agama
  2. terhindar dari godaan
  3. laki-laki akan merasa segan
  4. menutupi aurat
  5. mencegah sengatan dari sinar matahari
  6. mendidik untuk berperilaku baik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar